Peta Situs

Kumpulan Catatan Kumpulan Catatan

Sering Dibaca

Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 01 Februari 2013

Tanggapan Atas Website Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya

Website resmi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya telah resmi diiluncurkan beberapa waktu yang lalu. Kabar tersebut sangat menggembirakan bagi keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya pada khususnya dan warga masyarakat pada umumnya. Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya telah berupaya menjawab tantangan zaman ini dengan baik sesuai kaidah: al-muhafadzatu bil qadimishshaalih wal akhdu bil jadiidil ashlah.



Untuk era seperti sekarang ini, di mana interaksi dengan teknologi tidak bisa dihindarkan lagi dari kehidupan manusia baik personal maupun komunal, kehadiran website memang merupakan suatu keniscayaan, terlebih lagi bagi suatu lembaga yang notabene memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tujuannya adalah sebagai media yang memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam memperoleh informasi yang diperlukan. Dengan website Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya diharapkan masyarakat dapat terlayani dengan baik kebutuhannya, terutama dalam memperoleh akses informasi yang cepat, tepat dan mudah tanpa harus mendatangi kantor kementerian agama yang terkadang menyita biaya, waktu dan tenaga. Website ini tentu saja dapat menjadi sumber informasi yang berharga dan dapat dipertanggungjawabkan bagi masyarakat sehingga mereka memperoleh gambaran mengenai visi, misi, struktur organisasi, program, pelayanan dan kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan oleh Kementerian Agama, baik di tingkat kabupaten maupun daerah. 

Bagi kalangan karyawan kantor kemenag kabupaten Tasikmalaya itu sendiri atau satuan-satuan kerja yang berada di bawahnya, website ini menjadi kebanggaan dan sekaligus merupakan tantangan yang harus dijawab dalam upaya merealisasikan komitmen pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga kehadirannya yang telah lama ditunggu-tunggu memberikan manfaat yang sangat besar. Oleh sebab itu website ini hendaklah dikelola, didukung dan diberdayakan secara optimal oleh seluruh elemen dan komponen karyawan agar pemanfaatan teknologi ini dapat menghasilkan efisiensi dan efektivitas dalam pekerjaan.

Kehadiran website ini setidaknya akan memberikan manfaat bagi karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, diantaranya dalam hal-hal sebagai berikut:

Pertama, mempermudah dan mempercepat proses pengiriman data dan penerimaan informasi. Pelaporan dari daerah-daerah ke Kementerian Agama dapat dilakukan dengan cepat, bahkan dalam hitungan detik. Dengan demikian proses pelaporan itu dapat menghemat waktu. Laporan bulanan, seperti data absensi fingerprint, data peristiwa NR dari KUA, laporan keuangan dari madrasah, cukup dengan meng-upload atau mengirimkan file-nya langsung di website ini tanpa harus menggunakan email pihak ketiga. File-file tersebut akan langsung diterima dan ditampung di server website dengan aman yang kemudian akan dibuka, dikelola dan diolah datanya oleh administrator website di Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Kalau file laporan itu dikirimkan melalui layanan email pihak ketiga, seperti yahoo mail, gmail, atau hotmail, file tersebut akan disimpan dahulu di provider email, kemudian diunduh oleh penerima email. Menyimpan data penting di provider email pihak ketiga sangat mengkhawatirkan, karena rawan untuk dicuri dan akun email diretas. 

Berbeda jika model pelaporan itu dilakukan dengan cara manual yang sering menyita waktu, tenaga dan biaya, seperti yang telah terjadi selama ini. Sayang kan jika seorang staf KUA dari daerah yang sangat jauh, seperti dari Kecamatan Bojonggambir, Cipatujah atau Culamega, harus datang ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya di Singaparna dengan menghabiskan waktu sekitar 3 atau 4 jam untuk menempuh perjalanan 40 atau 50 km, hanya sekadar untuk menyerahkan laporan absensi dan laporan bulanan? Padahal di kantor pegawai bersangkutan telah tersedia fasilitas jaringan internet yang dapat dimanfaatkan untuk pengiriman data, sementara pekerjaan dan pelayanan lainnya kepada masyarakat telah menantinya. Berapa biaya, tenaga, dan waktu yang harus ia keluarkan untuk melakukan pekerjaannya itu, belum lagi warga masyarakat yang terkorbankan karena tidak terlayani? Nah, dengan memanfaatkan media teknologi website ini, kejadian-kejadian seperti tadi dapat diminimalisir.

Kedua, selain dapat memberikan informasi yang cepat dan terbaharui, website ini memberikan kesempatan kepada karyawan kementerian agama kabupaten Tasikmalaya untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas kerja dengan mengembangkan wawasan melalui sharing gagasan atau posting artikel yang fasilitasnya telah tersedia dalam website ini, bahkan mereka dapat mengundang para pembacanya untuk memberikan tanggapan atas artikel yang telah dipublikasikannya itu melalui kotak komentar. Komentar-komentar yang dikirimkan juga dapat merupakan masukan-masukan yang berharga dari masyarakat untuk kementerian agama.

Ketiga, kehadiran website Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya ini akhirnya akan menggugah kesadaran para karyawan di lingkungan kementerian ini akan arti penting informasi teknologi dalam setiap pekerjaannya dan sisi-sisi kehidupan yang lain. Kenyataan ini pada gilirannya akan memaksa mereka untuk selalu memperbaharui pengetahuannya, meningkatkan keterampilan, dan mengasah daya kreativitasnya, sehingga mereka mampu menghadapi, beradaptasi dan menyikapi inovasi-inovasi teknologi secara baik, arif dan bijaksana atau bahkan kalau perlu menciptakan dan menguasainya.

Terima kasih Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Bapak Kasubag, Bapak-bapak Kepala seksi, serta rekan-rekan tim admin di kantor ini....

Artikel Lainnya:

0 comments: